Jumat, 23 Juli 2010

Nasi bakar ayam


Kemarin iseng2 browsing resep nasi bakar....pas ketemu resep yg simple banget...diniatin dech coba buat di weekend ini...

Beli daun salam, sereh uda dr kemarin. Hari ini cuma beli daun pisang and kemangi.
Pulang dari belanja suami heran lht aku bawa daun pisang....dikiranya mau buat pepes...bgt aku blg mau buat nasi bakar, ga percaya loch hehe...

Resepnya dpt dari blogwalking...tapi maaf banget yach, aku lupa dari siapa...(utk yg berasa punya resepnya...mohon ijin contek yach...and sorry ga disebut namanya. Nanti kl keetemu aku share lagi dech namanya)

Resep Nasi bakar

* 2 gelas beras ( dimasak seperti biasa)

* 1 ikat daun kemangi (optional, kalo mau lbh wangi bisa ditambah 1 ikat lg)
* Daun bawang secukupnya ( kl ga mau pake juga ga pa2)
* Sereh
* Salam (kemarin beli 500 utk sereh and salam. uda dpt banyak koq)
* Garam secukupnya
* 3 sdm kecap asin/kecap ikan
* 1 sdt gula
* Ayam goreng yg sdh disuwir2
* ikan teri medan di goreng garing

Bumbu yg dihaluskan :
* 7 siung bawang merah
* 5 siung bawang putih
* lengkuas secukupnya ( aku ga pake, karena lupa beli. tapi rasanya tetep enak koq)

Cara memasak :
1. Nasi yg sdh masak di dinginkan, sishkan.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukan nasi dan diaduk2.
3. Masukan ayam yg telah disuwir2 dan teri medan, aduk rata.
4. Masukan kecap asin, garam, gula.
5. Masukan daun kemangi dan daun bawang. Aduk sampai daun kemangi layu.
6. siapkan daun pisang. Susun daun salam diatasnya, taruh sereh. Lalu tuang nasinya.
7. Bakar nasinya (kalo aku di taruh di atas wajan teflon. bakar sampai wangi) angkat dan siap di sajikan.

Aku bikin jadi 8 doang. Soalnya nasinya ga semua aku pake....oh iya kalo doyan pedas, boleh ditambahkan cabe beberapa potong. Karena suami and anak2 ga doyan pedas makanya aku ga ksh cabe.

Proses buat nasi bakar yg bikin lama adalah : melap daun pisangnya sama membakarnya....kl makannya mah cepet dech....ga sampai 10 menit uda habis 2 xixixi....anak2 doyan loch....

Lebih enak lagi makannya ditambah ayam goreng and tahu...wah mantap dech....mungkin yg doyan sambel bisa ditambah sambel terasi...wah ini mah mertua lewat juga ga kelihatan dech xixixi..

Besok mau buat pepes ikan kembung agh....mumpung masih sisa daun pisangnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...