Kamis, 14 Maret 2013

Roti Manis


Roti ini di buat setelah online event Bread week NCC selesai...Ga pa2 dech, walaupun eventnya sudah lewat tetep semangat membuat roti...

Buat adonan roti menggunakan conceto, Ga kuat dech kalo harus menguleni adonan roti menggunakan LG (lengan gue) sampai kalis hehehehe

Saya menggunakan resep mba reiny yang beredar di mills NCC...

500 gr terigu protein tinggi (saya memakai tepung komachi)
3 btr Kuning telur
100 gr Gula
100 gr Butter/margarine (saya memakai butter corman)
250 cc susu cair
11 gr  Ragi
1/2 sdt bread improver
1 sdm susu bubuk
1/2 sdt garam

Cara membuat :
1. Larutkan ragi dengan 2sdm air hangat, tunggu sampai ragi mengembang +/- 10 menit (cara ini untuk menghilangkan bau asam ragi) -----> saya skip bagian ini, ragi langsung saya tuang ke dalam adonan.
2. Bahan kering campur jadi satu, kecuali garam.
3. Tambahkan bahan cair dan ragi yang sdh dilarutkan, ulenin sampai kalis. Saya tuang ragi di step ini.
4. Masukkan butter dan garam, uleni sampai elastis.
5. Diamkan +/- 30 menit
6. Bagi adonan 30 gr, giling tipis, isi dengan filling keju, coklat. Bulatkan taruh di loyang yang sudah diolesi margarine. Diamkan +/- 60 menit. Oles dengan campuran kuning telur + susu cair.
7. Oven 180c selama 10 menit api bawah, 5 menit api atas.
8. Panas-panas olesi dengan butter.

Dengan satu adonan ini saya membuat 3 macam roti, yaitu : Roti ulat (caterpillar), Roti sobek, Roti manis.

Untuk roti ulat bisa lihat step by stepnya di sini

Untuk Roti manis saya membagi adonan menjadi 60gr, lalu ikuti step dari no 6.

Hasil akhir adalah.....roti yang manis n berasa susu....ya iyalah khan pake susu :) dan empuk sampai besok pagi......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...